Bahas Masalah Khashoggi, Trump Utus Pompeo Temui Raja Salman

loading…

Trump menyatakan dia telah memerintahkan Mike Pompeo untuk mengunjungi Arab Saudi dan melakukan pertemuan dengan Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saudi. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan dia telah memerintahkan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo untuk mengunjungi Arab Saudi dan melakukan pertemuan dengan Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saudi. Kunjungan Pompeo ke Saudi dimaksudkan untuk membahas mengenai kasus Jamal Khashoggi.

Melalui akun Twitternya, Trump menuturkan, dia telah berbicara melalui sambungan telepon dengan Raja Salman untuk membahas masalah Khashoggi. Namun, untuk memperjelas situasi, dengan mengutus Pompeo untuk bertemu dengan pemimpin Saudi itu.

“Baru saja berbicara dengan Raja Arab Saudi yang menyangkal memiliki pengetahuan tentang apa pun yang mungkin telah terjadi kepada warga Saudi kami,” kicau Trump, merujuk pada Khashoggi, yang memiliki status warga tetap AS.

“Dia mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Turki untuk menemukan jawaban. Saya segera mengirim Menteri Luar Negeri untuk bertemu dengan Raja!” sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (15/10).

Sementara itu, sebelumnya, seorang pejabat Saudi menyatakan Raja Salman telah memerintahkan Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan penyelidikan internal atas kasus hilangnya Khashoggi.

“Raja telah memerintahkan Jaksa Penuntut Umum untuk membuka penyelidikan internal terhadap masalah Khashoggi berdasarkan info dari tim gabungan di Istanbul,” kata┬ápejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu,

(esn)