Bantu Korban Gempa Sulteng, China Kirim Tenda dan Pemurni Air

loading…

Pemerintah China turut mengirimkan sejumlah bantuan untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Foto/Kedubes China

JAKARTA – Pemerintah China turut mengirimkan sejumlah bantuan untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Pesawat China yang membawa bantuan itu dilaporkan telah mendarat di bandara Balikpapan, kemarin.

Kedutaan Besar China di Jakarta menuturkan, bantuan itu secara simbolis diserahkan oleh  Minister Counsellor bidang komersial Kedutaan Besar China, Wang Liping, sebagai wakil Pemerintah China kepada Supervisor Biro Hukum dan Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), Meiladyastrinda Hapsari, sebagai perwakilan Indonesia.

“Sesuai dengan keperluan Pemerintah Indonesia, Pemerintah China memutuskan memberikan bantuan berupa tenda, sistem pembersih air, fogging, generator listrik, dan lain-lain kepada Pemerintah Indonesia. Bantuan akan dikirim ke Indonesia melalui lima kali penerbangan dalam beberapa hari ini,” kata Kedutaan BesarChina.

“Kedutaan Besar China juga telah membelikan sejumlah barang keperluan sehari-hari untuk para korban dan pengungsi. Pihak Indonesia akan mengirimkan bantuan tersebut ke area bencana secepatnya,” sambungnya, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi mereka pada Rabu (10/10).

Dalam pernyataannya, Kedutaan Besar China juga menyatakan bahwa mereka akan terus berkoordinasi dengan pihak Indonesia dan mendukung Pemerintah Indonesia melakukan penanggulangan becana dan rekonstruksi pasca bencana.

Mereka menambahkan, Palang Merah China juga telah menyampaikan dana bantuan sebesar US$ 200 ribu atau sekitar Rp. 3 miliar ke Palang Merah Indonesia beberapa waktu lalu.

(esn)