KPK Isyaratkan Panggil Petinggi Lippo

JawaPos.com – Kasus dugaan suap perizinan pembangunan mega proyek Meikarta di Bekasi terus bergulir di meja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu petinggi Lippo Group selaku korporasi pemegang proyek tersebut juga turut ditetapkan sebagai tersangka.

Tak hanya berhenti di Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro, komisi antirasuah pun akan akan terus mendalami kasus ini. KPK bahkan berencana akan memanggil petinggi Lippo Group untuk menelusuri adanya keterlibatan korporasi atau tidak dalam dugaan suap ini.

“Nanti KPK akan mencoba melakukan pemeriksaan apakah terhadap pegawai dan pejabat di kabupaten Bekasi atau pihak terkait perizinan ini, atau pihak swasta di Lippo Group jika diperlukan,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (16/10).

Meski demikian, mantan Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu masih enggan mengutarakan apakah Lippo Group akan dijerat pidana korporasi atau tidak. Dia berpendapat belum ada bukti kuat ke arah itu.

Penyidik, lanjut Febri saat ini tengah berfokus mencari fakta dalam kasus suap yang menyeret nama Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin. Jika fakta ini telah terungkap maka dengan sendiri akan menuntut ke tahap selanjutnya, dalam membuktikan adanya keterlibatan pihak lain atau tidak dalam perkara ini.

“Sebaiknya saya tidak berandai-andai dulu saat ini yah. Jika ada atau tidak (pidama korporasi) yang pasti kami telusuri dulu bagaimana fakta dan peristiwanya satu per satu,” jelasnya.

Febri meminta semua pihak terkait kasus ini untuk kooperatif dalam menyelesaikan perkara ini. Febri tidak ingin terjadi adanya upaya penghalangan penyidikan, karena berpotensi dijerat dengan pidana atas tuduhan perintangan penyidikan.

“Kami harapkan juga dan ingatkan agar pihak-pihak yang dipanggil bersikap kooperatif. Jangan lagi ada kejadian penangan perkara sebelumnya ketika kami harus menggunakan pasal 21 bagi pihak-pihak yang mencoba menghalangi pekerjaan KPK,” pungkasnya.

(sat/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.